Publikasi TelusurKalimantan secara umum memiliki dua fungsi utama: kajian dan literasi.

Aspek kajian kami didasari oleh relatif minimnya kajian tentang Kalimantan yang ringan, serius dan berkelanjutan di Indonesia. Padahal, tema Kalimantan mengisi ruang pembicaraan di media cetak dan media online. Aspek literasi kami didasari oleh kepercayaan kami bahwa literasi, adalah hak publik yang perlu diperjuangkan untuk setiap individu.

Kedua hal ini mendefinisikan publikasi yang kami inginkan: hasrat akademik akan kebaruan dan relevansi, baik dalam tema maupun model analisis yang digunakan, serta aksesibilitas dan kesegaran yang membuat tulisan kamu dapat dibaca dan disebarkan di masyarakat luas.

Jenis Tulisan

Untuk saat ini, kami memiliki tiga jenis artikel menerima kontribusi eksternal:

1. SELASAR (400-600 kata) → Naskah tentang manusia dan ritual yang dilakukannya di, dengan, dan terhadap budaya. Tulisan bisa berupa cerita rakyat, puisi, pantun, dll, dengan 4-5 tulisan per edisinya, SELASAR diharapkan mampu merekam praktik kebudayaan dari sudut pandang audiens.

  1. TILIK (800-1500 kata) → Opini dan analisis terkait isu yang berkembang di Kalimantan.
  2. LOKA (800-1200 kata) → Rubrik khusus bagi pegiat literasi untuk mengangkat berbagai peristiwa dan seluk beluk ‘ekosistem’ per-Kalimantan-an. Menghadirkan berbagai kisah seputar pengalaman dan refleksi personal para pegiat literasi dalam memproduksi kontenlintas isu di ruang sosial dan material mereka.

Tulisan apa yang kami harapkan?

  1. TelusurKalimantan beraspirasi menjadi jembatan di antara para ahli dan akademisidengan publik awam. Karena itu kami mengharapkan tulisan yang tajam dan membawa kebaruan, namun tetap dapat diakses publik dengan mudah. Tolong sebisa mungkin hindari penggunaan jargon yang terlalu kompleks, asumsikan Anda bicara dengan orang awam.
  2. Pastikan bahwa isu Kalimantan menjadi pemeran utama dalam tulisan kamu. Tulisan tentang komentar seorang tokoh politik yang disampaikan melalui Twitter, tapi hanya membahas Kalimantan sebagai latar (tanpa pembahasan mendetil), misalnya, umumnya tidak akan kami terima.
  3. Sebisanya, jabarkan argumen Anda dengan ringkas dan efisien tanpa bertele-tele. Di sisi lain, jangan ragu juga untuk menulis artikel yang cukup panjang selama Anda yakin bahwa itu diperlukan untuk menjustifikasi argumen Anda.
  4. Kami menyukai tulisan yang runut dan terfokus, serta didasari oleh argumen dan data yang kuat.

Pengiriman tulisan

Lampirkan file tulisan kamu dalam surel, dan kirimkan ke redaksi [email protected]

  1. Tuliskan pengantar surel. Kami senang disapa. Tidak perlu panjang-panjang atau menyertakan CV seperti kamu ingin melamar kerja, setidaknya jelaskan siapa diri kamu dan apa tema tulisan kamu.
  2. Kirimkan tulisan Anda dalam format dokumen Word, dan lampirkan dalam surel Anda.
  3. Anda bisa menaruh gambar dalam ilustrasi Anda, namun pastikan bahwa gambar tersebuttidak melanggar hak cipta atau menggunakan Creative Commons.
  4. Jangan lupa sertakan biografi singkat (lebih kurang 3 kalimat) di ujung tulisanmu danlampirkan sebuah foto pilihan kamu.
  5. Pastikan bahwa karyamu: bukan hasil plagiasi, belum dipublikasikan di tempat lain, sertatidak melanggar hak cipta ataupun bermuatan diskriminatif.
  6. Publikasi TelusurKalimantan menerapkan lisensi hak cipta CC BY-NC 4.0. Artinya,konten-konten ini boleh dipublikasi ulang selama ia diatribusikan dengan benar dan dengan tujuan non-komersial. Lisensi ini juga akan berlaku untuk karya Anda yang kami muat.